Demo Teknologi Generasi Baru Unreal Engine 5

by Admin Gamesnesia

Belakangan ini Epic Games mulai umumkan teknologi engine generasi terbaru mereka. Teknologi ini adalah Unreal Engine 5 yang merupakan perkembangan dari Unreal Engine 4. Unreal Engine 4 sendiri sebelumnya sudah mendung platform konsol generasi Sony dan Microsoft.

Teknologi baru ini diciptakan demi tercapainya fotorealisme yang setara dengan film CG dan menciptakan teknologi engine yang bisa digunakan oleh semua developer mulai dari skala apapun.

Hadirnya Teknologi Lumen dan Nanite

Epic Games memperlihatkan bagaimana demo penggunaan Unreal Engine 5 yang ditayangkan secara langsung di PlayStation 5. Dalam demo berjudul “Lumen in the Land of Nanite” mereka memperkenalkan dua teknologi baru yang disuguhkan dalam Unreal Engine 5. Kedua teknologi yang dimaksud adalah Nanite dan Lumen.

Nanite sendiri mampu menerapkan virtualized micropolygon geometry. Hal ini tentu akan sangat membantu developer atau desainer visual game untuk menambahkan aset game. Aset game inilah yang dinilai mampu melakukan rendering setara film pada resolusi 8K. Tentu ini akan sangat dinantikan oleh para pemain game console di berbagai negara. Sebelumnya saya juga pernah berandai-andai apakah memungkinkan untuk menambahkan detil kecil ke dalam sebuah game. Semua ini mungkin telah terjawab dengan hadirnya teknologi baru Unreal Engine 5.

Lumen merupakan solusi untuk pencahayaan dinamis dalam sebuah game. Hal ini mampu membangkitkan suasana dalam permainan dan membuat permainan itu terlihat sangat nyata. Dalam video demo “Lumen in the Land of Nanite” kamu bisa merasakan bagaimana cahaya yang berasal dari pergerakan matahari hingga lampu senter mampu bergerak secara dinamis.

Fortnite Siap Bermigrasi ke Unreal Engine 4

Engine ini direncanakan akan dirilis penuh pada akhir tahun 2021. Melihat kondisi saat ini dimana masih banyak game yang menggunakan Unreal Engine 4, seperti: Life Is Strange 2, MotoGP 18, Batman: Arkham Asylum, A.L.I.C.E., Dragon Ball Z: Kakarot, Paladins, Outlast 2, hingga Fortnite Battle Royale.

Unreal Engine 5 akan terus dikembangkan untuk segi kompatibilitas. Sehingga developer game dapat mengembangkan dari generasi Unreal Engine 4 ke Unreal Engine 5. Salah satu game yang akan bermigrasi dari UE4 ke UE5 adalah game Fortnite.

Demo “Lumen in the Land of Nanite”

Video yang diunggah oleh Unreal Engine diatas merupakan gambaran bagaimana sebuah game console PlayStation 5 yang dibuat menggunakan Unreal Engine 5. Tak hanya game konsol PS5, Unreal Engine 5 nantinya akan mendukung atau kompatibel pada game versi PC dan mobile.

Mungkin ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa kamu harus mempersiapkan diri untuk upgrade ke PS5.

You may also like

2 comments

Paper Mario: The Origami King Rilis pada 17 Juli 2020 - Gamesnesia Mei 17, 2020 - 4:35 am

[…] The Origami King Rilis pada 17… Epic Games Gratiskan GTA V Hingga Mengalami Lonjakan… Demo Teknologi Generasi Baru Unreal Engine 5 Game Petak Umpet Online Murderous Pursuits Mobile Update PUBG Mobile season 13: Toy Playground […]

Reply
Dragon Raja - Sea, Game MMORPG Gratis Dengan Grafis Keren - Gamesnesia Mei 27, 2020 - 4:54 pm

[…] Mobile Kini Dapat Diunduh Secara… Epic Games Gratiskan GTA V Hingga Mengalami Lonjakan… Demo Teknologi Generasi Baru Unreal Engine 5 Game Petak Umpet Online Murderous Pursuits […]

Reply

Leave a Comment